Deskripsi
Industri Kecil Menengah (IKM) merupakan salah satu bidang yang mempunyai peran cukup strategis dan memberikan sumbangan besar pada pertumbuhan ekonomi baik itu daerah atau nasional. Namun, pertumbuhan produk IKM saat ini mengalami tantangan sangat besar. Ditengah goncangan produk murah import dari negara lain, IKM pun dihadapkan pada panemi Covid-19 yang sangat mempengaruhi pola beli masyarakat dari mulai kemampuan beli sampai dengan jenis produk yang dibeli.
Salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh IKM adalah dengan melakukan diversivikasi. Menurut Tjiptono diversifikasi dapat didefinisikan sebagai upaya untuk mencari dan menciptakan produk atau pasar baru atau keduanya dalam rangka mengejar pertumbuhan, peningkatan penjualan, profitabilitas dan fleksibilitas.Dengan melakukan diversifikasi barang atau jasa, IKM dapat memiminimalisir kerugian karena produk tidak terjual, apalagi ditengah pandemi korona.
Menurut survey yang dilakukan BPS selama pertengahan Juli 2020 ada beberapa usaha yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha yaitu pengurangan jam kerja, pemasaran secara online dan diversifikasi usaha.
Diskusi Solutif Online Startup4industry
Mengatasi Hambatan Diversifikasi Produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Untuk bertahan di Tengah Pandemi.
Bergabunglah sebagai bagian dari ekosistem solusi teknologi industry 4.0 pada:
Kamis, 15 October 2020
14.00 - 17.00 WIB