Lolos Seleksi, 23 Startup RI Bakal Tampil di Pameran Teknologi Jerman

24 Apr 2021 10.00 WIB


Teknologi Industri

Sebanyak 23 peserta Startup4industry dari Indonesia lolos seleksi untuk bisa tampil di Hannover Messe 2021, Jerman. Mereka akan tampil dalam pameran teknologi terbesar di dunia itu pada 12-16 April 2021. Total ada 63 peserta yang lolos dari berbagai dunia.
 
 
 
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan, dirinya bangga sebab banyak peserta dari Indonesia yang lolos. Indonesia tercatat menjadi menjadi partner country untuk menunjukkan transformasi ekonomi Indonesia melalui Making Indonesia 4.0.
 
"Ini memperlihatkan kualitas program Startup4industry telah mampu menghantarkan para startup untuk tampil di event global," kata Agus dalam peluncuran program Startup4industry 2021 bertajuk 'Quick Adoption, Lasting Growth: Adopsi Teknologi dengan Cepat untuk Terus Bertumbuh', Kamis (1/4).
 
Program Startup4industry pertama kali diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 2018 lalu. Program ini merupakan bagian dari strategi transformasi industri menjadi lebih modern dengan memanfaatkan solusi teknologi dari tech startup Indonesia.
 
Agus mengatakan, saat ini manusia berada di era digitalisasi terakselerasi dengan cepat, oleh karena itu pelaku industri harus mulai bertransformasi dengan mengadopsi teknologi. Bermitra dengan startup dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu transformasi teknologi industri.
 
Lolos Seleksi, 23 Startup RI Bakal Tampil di Pameran Teknologi Jerman (1)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang saat konferensi pers terkait dampak virus corona di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (13/3). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Dia berharap, Program Startup4industry mampu menjawab kebutuhan industri dan masyarakat, sehingga akan timbul multiplier effect utamanya kepada sektor industri prioritas dalam Making Indonesia 4.0 yaitu industri otomotif, elektronik, makanan & minuman, tekstil, kimia, alat kesehatan, dan farmasi.
 
 
 
"Mari kita berani untuk maju dengan memanfaatkan teknologi untuk industrialisasi," katanya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin Gati Wibawaningsih, menjelaskan program Startup4Industry 2021 memiliki serangkaian kegiatan yang akan berlangsung hingga Desember 2021 mendatang.
 
Terdapat kompetisi implementasi teknologi yang akan mendorong startup untuk melakukan proyek implementasi di industri, Tech Link atau temu bisnis startup dengan industri khususnya IKM, serta webinar untuk mensosialisasikan dan mengajak pelaku industri bertransformasi dengan teknologi dari startup.
 
“Program ini kami laksanakan sebagai bagian dari proyek prioritas pemerintah yaitu Making Indonesia 4.0, dengan cara menumbuhkembangkan startup berbasis teknologi yang mampu membantu industri, khususnya industri kecil dan menengah”, jelas Gati.
 
Menurut catatannya, penyelenggaraan program Startup4industry sepanjang 2018-2020 lalu berhasil menorehkan sejumlah pencapaian, di antaranya jumlah peserta kompetisi mencapai 514 startup, terdapat 15 proyek implementasi yang dikerjakan startup di IKM.
 
 
 
Selain itu, sebanyak 49 IKM memakai solusi teknologi dari startup. Teranyar, 23 peserta Startup4industry berhasil lolos seleksi untuk tampil di Hannover Messe 2021.
 
“Program Startup4industry membuka kesempatan kepada semua pihak seperti pelaku industri, akademisi, sektor swasta, inkubator, serta pemerintah daerah untuk berpartisipasi dan menjalin kolaborasi," kata Gati.
 
Startup4industry membuka pendaftaran kompetisi implementasi teknologi untuk startup sebagai penyedia teknologi dan untuk pelaku industri sebagai mitra implementasi teknologi. Informasi dan pendaftaran program dapat diakses melalui www.startup4industry.id.




Bagikan :